Language:
INDONESIA ENGLISH
HOME SITE MAP SITE MAINTENANCE Go
 
 

 

 

 
     
 

RECORD DISPLAY CONTROL

NATIONAL ELECTION

PRESIDENTS OF INDONESIA

Soekarno
Period 1945-1966
Soeharto
Period 1966-1998
BJ. Habibie
Period 1998-1999
Abdurrahman Wahid
Period 1999-2001
Megawati Soekarnoputri
Period 2001-2004
Susilo B. Yudhoyono
Period 2004-2014

PRESIDENTIAL PALACES

 

CAMPAIGN NEWS

Record detailed
< Back to list >
Title

15 Pemimpin Dunia Sampaikan Selamat

Language

ind

Source

Suara Pembaruan, 27 Mei 2019

Subject

  1. Demokrasi di Indonesia
  2. Joko Widodo - Presiden RI
  3. Jokowi-Ma'ruf Amin
  4. Komisi Pemilihan Umum (KPU)
  5. Sengketa Pemilu
  6. Ucapan selamat - Pemimpin dunia

 
 
Annotation

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) sebagai pemenang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019, Selasa 21 Mei dini hari, sedikitnya 15 pemimpin dunia yang merupakan kepala negara/pemerintahan menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia.
Pernyataan Selamat kepada Jokowi dan kesuksesan Pemilu serentak di Indonesia akan memperkuat legitimasi kemenangan dari calon petahana tersebut. Para pemimpin dunia tersebut sudah memastikan kemenangan Jokowi, meskipun masih terjadi sengketa di dalam negeri.
Sengketa dalam pemilu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi lazim di negara-negara lainnya, salah satu di Venezuela yang saat ini sedang terjerumus dalam krisis politik dan ekonomi. Tetapi di Indonesia demokrasi lebih stabil, dan dinilai berlangsung aman dan damai.
Sistem Demokrasi di Indonesia justru menjadi referensi bagi negara-negara lain karena dianggap maju, bahkan tergolong rumit.
Mengucapkan selamat dari negar-negara asing biasanya dilakukan berhati-hati sekali, karena kalau ucapan mereka ditujukan kepada pemenang yang salah, maka bisa merusak hubungan bilateral, namun untuk Indonesia mereka lebih yakin.
Meski demikian Indonesia harus memperbaiki kekurangan pemilu yang menjadi sorotan dunia, seperti masifnya jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia dan demonstrasi yang berujung kerusuhan.
Sengketa pemilu yang terjadi di Indonesia dugaan kecurangan penghitungan suara, berbeda dengan keadaan di Turki saat pemilihan Wali Kota Istambul, perbedaan suara di Indonesia sangat besar yaitu 17 juta tetapi di Turki perbedaan sangat tipis, maka pemilihan Wali Kota Istambul diulang.
Ucapan selamat dari pemimpin dunia adalah dari Perdana Menteri Australia (Scott Morrison), Presiden Amerika Serikat (Donald J. Trump), Presiden Rusia (Vladimir Putin), Presiden Tiongkok (XI Jinping), Perdana Menteri Jepang (Shinzo Abe), Presiden Korea SElatan (Moon Jae-in), Presiden Turki (Recep Tayyip Erdogan), Perdana Menteri India (Narendra Modi), Raja Arab Saudi (Salman bin Abdulaziz Al Saud), Perdana Menteri Singapura (Lee Hsien-long), Presiden Singapura (Haliman Mohamad), Presiden Vietnam (Nguyen Phu Trong), dan Presiden Iran (Hassan Rouhani).
Diantara negara-negara tersebut terdapat mitra strategis Indonesia.

 
 
Saved PDF file

3SuaraPembaharuan_27052019sudah.pdf
(5380072 bytes)
.

 

*Note: You will need PDF reader application to open this file

< Back to list >