Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Ir. Rachmat Nadi Witoelar Kartaadipoetra

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Tasikmalaya, Jawa Barat

Tanggal Lahir

: 2 Juni 1941

Riwayat Hidup

: Ir. Rachmat Nadi Witoelar Kartaadipoetra atau biasa dikenal dengan Rachmat Witoelar adalah Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu. Witoelar dilahirkan di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 2 Juni 1941. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung pada tahun 1970.



Setelah beberapa bulan dengan setia menjadi salah seorang tim sukses Susilo Bambang Yudhoyono, Rachmat Witoelar, mantan Sekjen DPP Golkar ini menjadi Menteri Negara Lingkungan Hidup, menggantikan Nabiel Makarim. Ia menyatakan siap menangani permasalahan lingkungan di Indonesia, kendati latar belakangnya tidak relevan.



Rachmat yang merupakan Alumni SMA Kanisius Jakarta (1961), SMP Van Lith Jakarta (1958), dan Lagere School, Voorburg Belanda (1955) ini mengaku sering menangani hal-hal yang berkaitan dengan masalah lingkungan ketika masih menjadi anggota Komisi V dan VI DPR. Selain itu, ia juga biasa menghadiri diskusi dan seminar lingkungan termasuk di luar negeri.



Di samping itu, istrinya, Erna Anastasia, seorang yang aktif dalam permasalahan lingkungan termasuk menjadi panitia persiapan dari suatu acara besar dunia, World Summit on Sustainable Development (WSSD) pada tahun 2002 di Johannesburg. Karena itu ayah tiga anak ini merasa yakin dengan adanya dukungan istri yang pernah menjabat Menteri Pemukiman dan Prasarana Wilayah.



Dalam acara temu masyarakat, LSM dan akademis di Kantor Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Bandung, 2 November 2004, Rachmat Witoelar mengatakan bahwa ada sejumlah kasus lingkungan hidup yang sampai sekarang tidak terselesaikan yang merupakan ulah aparatur negara sendiri yang tidak mampu menangani persoalan lingkungan hidup yang ada. Contohnya seperti rencana pembangunan Waduk Jatigede telah lama berlangsung yang terhitung sejak tahun 1970-an, namun hingga sekarang persoalan tersebut belum juga bisa diselesaikan.



Retrieved from "http://www.ghabo.com/gpedia/index.php/Rachmat_Witoelar"

Riwayat Karir

: Anggota DPR-RI, 1972-1993

Sekjen DPP Golkar, 1988-1993

Duta Besar RI untuk Rusia, merangkap Kazakstan, Turkmenistan dan Mongolia, 1993-1997

Di DPR tercatat pernah sebagai Ketua Komisi V, Komisi VI, dan Sekretaris Fraksi Karya Pembangunan (FKP) DPR

Menteri Negara Lingkungan Hidup Kabinet Indonesia Bersatu, 2004-2009

Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Negara Lingkungan Hidup dalam kabinet Kabinet Indonesia bersatu masa kerja 21 Oktober 2004 -22 Oktober 2009

   
Lampiran Foto :