Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Letjen (Purn.) TNI Ida Bagus Soedjana

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Sanur, Bali

Tanggal Lahir

: 20 Oktober 1936

Riwayat Hidup

: BIOGRAFI

Letjen (Purn.) TNI Ida Bagus Soedjana dilahirkan di Sanur, Bali, 20 Oktober 1936. Soedjana telah menjabat sedikitnya 23 jabatan di militer, antara lain sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura Kalimantan Barat dan Kepala Staf Umum ABRI. Ia juga pernah menjabat Sekjen Dephankam sebelum menjabat Menteri Pertambangan dan Energi pada masa Kabinet Pembangunan VI (19 Maret 1993 hingga 16 Maret 1998).

Sebelum diketahui menderita kanker paru-paru, Soedjana memimpin Yayasan Garuda Whisnu Kencana. Sebuah yayasan yang membangun patung Whisnu Kencana dengan pematung I Nyoman Nuarta. Selain itu, ia juga aktif sebagai Ketua Yayasan Seroja yang mengurus para keluarga TNI yang gugur saat bertugas di Timor Timur. Ia juga aktif dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan keagamaan, salah satunya Prajaniti Hindu Indonesia, sebagai salah seorang anggota Dewan Penasihat.

Ida Bagus Soedjana meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Soebroto Jakarta pada hari Minggu 18 Agustus 2002 sekitar pukul 20.00 akibat penyakit kanker paru-paru. Sebelumnya, ia sudah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat tersebut selama dua bulan. Ia juga pernah dirawat di Jepang dan Singapura.







Riwayat Karir

: Karir :

- Panglima Kodam XII/Tanjungpura Kalimantan Barat

- Kepala Staf Umum ABRI

- Sekjen Dephankam

- Menteri Pertambangan dan Energi Kabinet Pembangunan VI (17 Maret 1993 - 14 Maret 1998)

Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Pertambangan dan Energi dalam kabinet Pembangunan VI masa kerja 17 Maret 1993 - 14 Maret 1998