Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Dr. Tarmizi Taher

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Padang, Sumatera Barat

Tanggal Lahir

: 7 Oktober 1936

Riwayat Hidup

: BIOGRAFI

Dr. Tarmizi Taher (lahir di Padang, Sumatera Barat, 7 Oktober 1936) adalah mantan Menteri Agama pada masa Kabinet Pembangunan VI periode 1993 hingga 1998. Setelah menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Airlangga, Surabaya, ia mengawali karirnya dari TNI Angkatan Laut (AL) dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda. Jabatan yang pernah dijabatnya di lingkungan militer termasuk sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian, Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL, dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI. Selain itu dia adalah lulusan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI AL dan ia pernah mengenyam pendidikan pada US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) di bidang kesehatan.

Setelah pensiun dari militer, Tarmizi kemudian ditugaskan sebagai Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama 5 tahun, sebelum menjabat sebagai Menteri pada tahun 1993. Selama menjabat Menteri Agama, dua inisiatif penting yang pernah ia laksanakan adalah pengembangan Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) dan pembentukan Dana Abadi Umat (DAU).

Sesudah tidak menjabat menteri, Tarmizi pernah menjabat beberapa jabatan lain, termasuk sebagai Duta Besar untuk Norwegia dan Islandia. Saat ini ia menjabat sebagai ketua umum pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia dan rektor pada Universitas Islam Az Zahra, Jakarta. Ia dianugerahi Doktor Honoris Causa di bidang dakwah oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Riwayat Karir

: Karir :

- Perwira Kesehatan di KRI Irian

- Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR

- Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut

- Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI

- Sekjen Departemen Agama Republik Indonesia selama 5 tahun

- Menteri Agama Kabinet Pembangunan VI (1993-1998)

- Duta Besar untuk Norwegia dan Islandia

- Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia

- Rektor Universitas Islam Az Zahra, Jakarta



Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Agama dalam kabinet Pembangunan VI masa kerja 17 Maret 1993 - 14 Maret 1998