Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Prof. Dr. Juwono Sudarsono

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Ciamis, Jawa Barat

Tanggal Lahir

: 05 March 1942

Riwayat Hidup

: Juwono Sudarsono (lahir di Ciamis, Jawa Barat 5 Maret 1942) adalah seorang politikus Indonesia. Saat ini Sudarsono menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2004.



Sebagai anak diplomat, Juwono melewatkan masa kecil dan remajanya di beberapa negara. Pada umur enam tahun, ia menyusul ayahnya ke India dan masuk sekolah dasar di sana. SMP-nya di Jakarta, tapi ia menyelesaikan SMA di Inggris. Ketika melamar ke Departemen Luar Negeri begitu ia lulus dari Universitas Indonesia, 1966, lamarannya ditolak untuk sementara. Soalnya, sedang ada pengecekan ulang terhadap pegawai Departemen Luar Negeri (Deplu) yang terlibat G30S/PKI.



Sambil menunggu lamarannya diproses kembali, Juwono menjadi asisten dosen Miriam Budiharjo di Universitas Indonesia (UI) untuk mata kuliah sistem politik Asia. Ketika proses lamaran Deplu dibuka kembali, ia sudah tidak tertarik lagi melamar ke sana. Sebaliknya, ia memantapkan diri sebagai dosen dengan menempuh pendidikan S2 di Universitas Berkeley, Amerika Serikat dalam bidang ilmu politik. Juwono meraih gelar doktor untuk Ilmu Hubungan Internasional di London School of Economics di London, Inggris.



Dalam Kabinet Reformasi Pembangunan semasa pemerintahan Presiden B.J. Habibie, Juwono menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional, kemudian pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid dipercaya sebagai Menteri Pertahanan (1999-2000). Selanjutnya diangkat sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Britania Raya/Kerajaan Inggris hingga tahun 2004. Pada tanggal 21 Oktober 2004 dilantik sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu di bawah pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.



Setelah tidak menjadi menteri, Juwono kembali ke Universitas Indonesia (UI) sebagai guru besar hubungan internasional. Namun yang paling menegangkan adalah saat melerai perkelahian mahasiswa yang bertanding sepakbola di Lapangan Banteng, Jakarta, 9 Oktober 1973. Ia sempat ditodong pistol oleh seorang mahasiswa yang kebetulan anggota resimen mahasiswa.



- University of Indonesia, Jakarta (B.A., M.S.);

-The Institute of Social Studies, The Hague, Netherlands;

-The University of California at Berkeley, USA (M.A.);

-The London School of Economics, UK (Ph.D).



Retrieved from "http://www.ghabo.com/gpedia/index.php/Juwono_Sudarsono"

Riwayat Karir

: - Guru besar tamu Columbia University, New York, AS (1986-1987)

- Guru besar Universitas Indonesia (1988-sekarang)

- Dekan FISIP UI (1988-1994)

- Wakil gubernur Lemhanas

- Menteri Negara Lingkungan Hidup Kabinet Pembangunan VII Presiden Soeharto (1997-1998)

- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Reformasi (Mei 1998-Oktober 1999)

- Menteri Pertahanan Kabinet Persatuan Nasional (Oktober 1999-Agustus 2000)

- Duta Besar RI untuk Inggris (12 Juni 2003-Oktober 2004)

- Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Bersatu (21 Oktober 2004-20 Oktober 2009)



Penghargaan :

- Bintang Mahaputra Adipradana

- Bintang Jasa Utama

- Satya Lencana Dija Sistha





Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Negara Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan dalam kabinet Pembangunan VII masa kerja 14 Maret 1998 - 21 Mei 1998

   
Lampiran Foto :