Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Tanri Abeng, MBA

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Selayar, Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir

: 7 Maret 1942

Riwayat Hidup

: Pendidikan :

- Beasiswa "American Field Service"

- Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin, Ujungpandang

- Program Master of Business Administrasion, University of New York, Buffalo.



BIOGRAFI

Tanri Abeng, MBA (lahir di Selayar, Sulawesi Selatan, 7 Maret 1942) adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan. Ia pernah terpilih sebagai peserta program pertukaran pelajar American Field Service. Setelah kembali ke Indonesia ia melanjutkan kuliah di Universitas Hasanudin. Semasa kuliah, ia bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan eksportir dan mengajar bahasa Inggris di sebuah SMA. Kemudian ia memperoleh beasiswa untuk mengambil Master of Business Administration dari State University, New York, AS. Setelah lulus MBA, ia bergabung dengan Union Carbide. Dimulai dari management trainee di Amerika Serikat, ketika berusia 29 tahun ia sudah menjabat sebagai direktur keuangan dan Corporate Secretary di perusahaan multinasional tersebut.

Setelah mengundurkan diri dari Union Carbide, Tanri memilih bergabung dengan PT. Perusahaan Bir Indonesia (sekarang Multi Bintang Indonesia). Tahun 1979, ia resmi pindah menjadi CEO (Chief Executive Officer) di Multi Bintang. Sejalan dengan perkembangan perusahaan, namanya berganti dari PBI (Perusahaan Bir Indonesia) menjadi PT. MBI (Multi Bintang Indonesia).

Pada tahun 1991, ia mendapat tantangan baru untuk menjadi CEO di Bakrie Brothers. Di Bakrie ia coba melakukan restrukturisasi, profitisasi, dan pada akhirnya bisa menjadi perusahaan publik. Dalam setahun ia telah berhasil meningkatkan keuntungan kelompok usaha Bakrie hingga 30%. Selain menjadi CEO, ia juga memegang banyak posisi senior non eksekutif di banyak organisasi kepemerintahan dan LSM, seperti Komisi Pendidikan Nasional, Badan Promosi Pariwisata, Dana Mitra Lingkungan, Asosiasi Indonesia Imggris, Institut Asia-Australia, Yayasan Mitra Mandiri, dan sebagainya.

Ketika pemerintah berniat melakukan pendayagunaan (restrukturisasi dan privatisasi BUMN), Tanri menjadi orang yang dinilai paling kompeten. Ia diangkat menjabat Menteri Negara Pendayagunaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Kabinet Pembangunan VII, kebinet terakhir pemerintahan Soeharto (1998). Hingga masa pemerintahan B.J. Habibie, ia tetap dipercaya di posisi jabatan yang sama dalam Kabinet Reformasi (25 Mei s/d 13 Oktober 1999).

Setelah Tanri tidak menjabat menteri, ia lebih banyak memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan pemikiran dan pendidikan manajemen, termasuk penulisan buku manajemen. Ia membuat buku "Dari Meja Tanri Abeng : Managing atau Chaos", yang diterbitkan Pustaka Sinar Harapan pada tahun 2000.

Riwayat Karir

: Karir :

- PT. Union Carbide Indonesia

- Presiden Direktur PT. Perusahaan Bir Indonesia (sekarang PT. Multi Bintang Indonesia)

- Presiden Direktur Grup bakrie

- Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Kabinet Pembangunan VII

- Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Kabinet Reformasi



Buku : Dari Meja Tanri Abeng : Managing atau Chaos, Pustaka Sinar Harapan (2000)

Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara/Kepala Badan Pengelola Badan Usaha Milik Negara dalam kabinet Reformasi Pembangunan masa kerja 23 Maret 1988 - 17 Maret 1993