Detail biodata

Pejabat Menteri

Nama

: Assaat

Gender

: Laki-Laki

Tempat Lahir

: Sumatera Barat

Tanggal Lahir

: 18 September 1904

Riwayat Hidup

: Pendidikan :

- Sekolah Agama Adabiah di Padang

- MULO di Padang

- School tot Opleiding van Inlandsche Artsen di Jakarta

- AMS (SMA) di Jakarta

- Rechts Hoge School (Sekolah Hakim Tinggi) di Jakarta

Riwayat Karir

: - Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dengan Badan Pekerja (1946-1949)

- Pejabat Presiden Republik Indonesia di Yogyakarta (Desember 1949 - Agustus 1950)

- Anggota Parlemen (Dewan Perwakilan Rakyat)

- Menteri Dalam Negeri Kabinet Natsir (September 1950 - Maret 1951)



BIOGRAFI

Mr. Assaat (Sumatera Barat, 18 September 1904 - Jakarta, 16 Juni 1976) adalah tokoh pejuang Indonesia, ia pernah menjabat Presiden pada masa pemerintahan Indonesia di Yogyakarta yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Assaat mangawali pendidikannya di sekolah agama "Adabiah" dan MULO Padang, selanjutnya ke "School tot Opleiding van Inlandsche Artsen" Jakarta, kemudian ia melanjutkan ke AMS (SMA). Dari AMS, Assaat meneruskan studinya ke "Rechts Hoge School" (Sekolah Hakim Tinggi) di Jakarta.

Ketika menjadi mahasiswa, Mr. Assaat mulai aktif pada gerakan pemuda dan politik. Masa saat itu Assaat giat dalam organisasi pemuda "Jong Sumatranen Bond". Karir politiknya semakin maju, Mr. Assaat berhasil menjadi anggota Pengurus Besar dari "Perhimpunan Pemuda Indonesia". Mr. Assaat juga bergabung dengan gerakan politik "Partai Indonesia" disingkat (Partindo). Mr. Assaat memperoleh gelar "Meester in de Rechten" (Mr) atau Sarjana Hukum di Belanda. Pada tahun 1939 Mr. Assaat pernah menjadi seorang advokat (pengacara) hingga masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942.

Dalam sejarah perjuangannya, Mr. Assaat pada tahun 1946-1949 pernah menjabat Ketua KNIP dengan Badan Pekerja. Desember 1949 hingga Agustus 1950 menjadi Pejabat Presiden Republik Indonesia di Yogyakarta. Setelah pindah ke Jakarta, Mr. Assaat menjadi anggota parlemen (DPR) dan menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Natsir September 1950 - Maret 1951. Mr. Assaat meninggal dunia Pada tanggal 16 Juni 1976 di Jakarta.



Retrieved from "http://www.ghabo.com/gpedia/index.php/Assaat"



Jabatan Dalam Kabinet

:
  1. Menteri Dalam Negeri dalam kabinet Natsir masa kerja 6 September 1950 s.d 27 April 1951

   
Lampiran Foto :